Jumlah Bata Ringan Rumah Tipe 36

Berapa Jumlah Bata Ringan Rumah Tipe 36

Jumlah Bata Ringan Rumah Tipe 36 – Pemakaian bata ringan atau hebel pada bangunan semakin hari semakin banyak peminatnya. Penggunaan material konstruksi dinding ini menggeser penggunaan bata merah yang biasanya menjadi bahan utama untuk membuat tembok pada konstruksi bangunan. Dalam hal ini menggunakan bata hebel atau bata ringan untuk rumah type 36 adalah pilihan kebanyakan orang. Namun begitu, apakah anda tahu berapakah jumlah yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis tersebut?

Setiap orang yang akan menggunakan material ini tentu akan berhitung jumlah bata ringan untuk rumah type 36. Umumnya rumah type 36 memiliki 2 kamar tidur dengan 1 ruang utama, lalu dapur dan juga bagian belakang rumah. Apakah untuk menggunakan bata ringan membutuhkan perhitungan jumlah dalam penggunaannya dalam pembangunan? Mari kita simak selengkapnya.

 

Jumlah Bata Ringan Untuk Rumah type 36

Rumah tipe 36 membutuhkan jumlah bata hebel atau bata ringan yang tidak sedikit. Hal ini menyesuaikan dengan luas dan juga perencaaan dari denah yang telah tersedia. Jika kita sudah mengetahui perlu berapa jumlah bata ringan untuk rumah tipe 36 maka hal ini akan memudahkan kita untuk menyediakannya. Hal ini mudah saja untuk anda temukan pada halaman ini.

Biasanya rumah tipe 36 mempunyai dimensi volume dinding sekitar 155 meter peregi. Dan umumnya ukuran ketinggian tembok berkisar dengan ukuran 5 atau 4 meter. Dengan begitu maka jumlah bata ringan yang dibutuhkan pada rumah tipe 36 adalah sebagai berikut.

  • 2 Sisi Tembok pada bagian depan dan belakang (6 meter x 4 meter)x 2) = 48 meter persegi.
  • Kamar Tidur dengan jumlah 2 ruangan dengan 2 sisi tembok (3 meter x 4 meter) + (2,5 meter x 4 meter x 4 meter) = 52 meter persegi.
  • 2 Sisi tembok samping utama pada keseluruhan rumah (6 meter x 4 meter)x 2) = 48 meter persegi.
  • Dan juga tembok untuk kamar mandi (1,5 meter + 4 meter) = 6 meter persegi.

Maka totalnya tembok adalah 155 persegi.

Dalam menghitung kebutuhan jumlah bata ringan supaya sesuai dengan hitungan dinding tersebut kita akan konversikan pada per 1 kubik. Hitungan jumlah 1 kubik bata ringan dengan ketebalan 7,5 centi meter berjumlah 111 buah. Dengan hitungan terpasang pada konstruksi dinding dengan luas 11 meter persegi. Apabila ukuran volume dinding 155 meter persegi mudahnya kita jumlahkan pembagian agar mendapatkan jumlah total kubikasi bata ringan tersebut.

155 meter persegi : 11 meter persegi = 14 kubik bata ringan.

 

Jumlah Bata Ringan Per Biji / Satuan / pcs

Cara untuk mengetahui jumlah bata ringan per pcs nya cukup dengan kalikan 14 kubik x 111pcs. Dari situ kita akan mendapatkan hasil bata ringan dengan jumlah 1.554 pcs. Dari perhitungan tersebut sebetulnya sebagai gambaran saja, sebeb meskipun terjadi perubahan biasanya terdapat selisih yang sedikit. Umumnya hal tersebut adalah pengaruh dari tebal atau tipisnya mortar yang terpakai.

 

Biaya Bata Ringan Untuk Rumah Tipe 36

Dari hasil perhitungan tersebut kita sudah bisa ambil kesimpulan bahwa kurang lebih kebutuhan bata ringan adalah 14 kubik. Pada jumlah biaya dapat terhitung dengan kalkulasi dengan harga bata ringan per kubik. Anda bisa cek Harga Bata Ringan Bandung sebagai referensi untuk bisa mengalikan hitungan tersebut dan mendapatkan jumlahnya. Jika misalkan harga bata ringan per kubik adalah Rp 690.000 maka cara hitungnya adalah 14 kubik x Rp 690.000 = Rp 9.660.000.

 

Biaya Mortar Perekat Bata Ringan

Pemakaian mortar untuk bata ringan biasanya dengan takaran 1 banding 1. Artinya dalam setiap 1 sak mortar cukup untuk pemasangan 1 kubik bata ringan. Sehingga untuk jumlah 14 kubik maka membutuhkan 14 sak mortar untuk pemasangnnya. Apabila harga mortar adalah 75.000 maka perhitungannya adalah 14 x Rp 75.000 = Rp 1.050.000

 

Total Biaya Bata Ringan dan Motar

Dari kesemua itu bisa menjadi gambaran bahwa pengeluaran biaya untuk 14 kubik bata ringan dengan mortar adalah Rp 9.660.000 + Rp 1.050.000 = Rp 10.710.000.

Tentunya itu adalah cara menghitung jumlah kebutuhan bata ringan untuk rumah tipe 36. Perihal harga ada baiknya anda langsung menghubungi kami sebagai pihak penyedia bata ringan dengan harga murah dan juga berkualitas. Karena harga bata ringan bisa saja berubah sewaktu-waktu dengan begitu apabila anda membutuhkan informasi mengenai bata ringan atau bata hebel anda bisa menghubungi kami sekarang.