Pembuatan Jalan Nasional Metode Pekerjaan AC-BC Levelling

Proses Metode Pekerjaan AC-BC Levelling Pembuatan Jalan Nasional

Pelaksanaan proyek pembuatan jalan adalah pekerjaan yang mempunyai banyak jenis pekerjaan dengan jumlah yang tidak sedikit. Berikut ini adalah penejelasan dan apa saja hal yang wajib untuk menjadi bagian pada proses metode pekerjaan AC-BC Leveling untuk pembuatan jalan nasional.

Pembuatan Jalan Nasional

Umumnya pada satu paket pekerjaan pembuatan jalan nasional mempunyai panjang sampai dengan 35km dengan begitu volume material terpakai begitu banyak. Beragam jenis pekerjaan yang terdapat ada jumlah kisaran yang besar antara lain adalah galian dan juga penimbunan tanah, galian batu, agregat klas A, Agregat klas B, AC-BC, AC-BC Levelling, serta AC-WC. Jenis pekerjaan itu adalah pekerjaan mayor Sebab dari itu teknik pelaksanaan wajib fokuk dan terkonstrasi supaya tidak terjadi kesalahan pada pelaksanaan. Ini adalah sebuah cara yang efektif dan wajib untuk mengatasi kemungkinan kerugian pada kontraktor pada proses pelaksanaan pembuatan jalan.

Pekerjaan Proyek Pembuatan Jalan Nasional

Mayoritas pada pekerjaan proyek pembuatan jalan nasional biasanya pada bidang pekerjaan pemeliharaan dan juga rehabilitasi. Oleh kaena itu pekerjaan pemeliharaan umumnya terlihat untuk jalan eksisting atau juga jalan lama. Inipun ditinjau dari karakteristik jalanan yang masih memiliki struktur yang baik dan juga optimal namun pada lapisan aspalnya terlihat telah berkurang ketebalannya. Sehingga tingkat ukuran kemiringan jalan juga telah tidak 3% lagi. Dengan begitu demi mengembalikan kemiringan jalan umumnyanya pelaksanaan pekerjaan perkerasan aspal AC-BC Levelling akan menjadi pilihan utama. Pekerjaan pengaspalan AC-BC Levelling ini cenderung beda dengan AC-BC umumnya, mskipun memiliki komposisi campuran yang tidak banyak perbedaan. tetapi pada proses pelaksanaan pekerjaanya dan juga fungsi yang sangat tidak sama.

Jasa Pengaspalan Bandung - Proyek Pembuatan Jalan Aspal Hotmix Nasional

Perbedaan Antara AC-BC Biasa dengan AC-BC Levelling

Sebelum masuk pada metode pelaksanaan pekerjaan AC-BC Levelling, akan lebih dulu membahas satu dan juga dua perbedaan AC-BC dengan AC-BC Levelling. Adapun perbedaanya ialah AC-BC berposisi tepat pada atas LPA (Lapis pondasi atas) berbeda dengan AC-BC Levelling yang berada pada atas Aspal eksisting. Metode AC-BC Levelling ini sama memang dengan pekerjaan overlay pada umumnya.

Jasa Pengaspalan Bandung - Perbedaan Antara AC-BC Biasa dengan AC-BC Levelling​

Fungsi AC-BC Leveling

Adapun fungsi dari AC-BC Levelling ialah untuk mengoptimalkan kembali kemiringan melintang pada jalan menjadi 3% lagi seperti semula. Pada segi perhitungan volume opname lapangan pun beda antara AC-BC dengan AC-BC Levelling. Metode AC-BC berdasarkan data ukur pada lapangan dengan mengukur panjang lebar dan juga ketebalan. Bedanya AC-BC Levelling memakai timbangan aspal pada setiap truck yang akan membawa hotmix. Pada timbangan akan terdapat berat truck dan juga berat hotmix yang teukur. Dari perhitungan volume tersebut akan muncul berupa tiket yang sudah terdapat tanda tangan dari pihak konsultan pengawas. Dengan begitu apabila ada 1000 kali pekerjaan AC-BC Levelling maka akan ada 1000 tiket atau juga Doket.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan AC-BC Levelling Pada Proyek Jalan Nasional

Berikut ini adalah penjelasan mengenai metode penlaksanaan pekerjaan AC-BC Leveling untuk proyek pembuatan jalan nasional.

Jasa Pengaspalan Bandung - Metode Pelaksanaan Pekerjaan AC-BC Levelling Pada Proyek Jalan Nasional

Penyiapan dengah pemetaan lokasi pekerjaan

Aspal sebelumnnya akan terlepas terlebih dulu dengan Compressor angin. Penghamparan dengan aspal cair tack coat pada media aspal sebelumnya. Pada proses pekerjaan tack coat hanya bagi setengah bagian badan jalan terlebih dahulu. Sebab jalur sebelahnya akan tetap terpakai untuk lalu lintas kendaraan. Dalam hal ini wajib memberikan rambu pekerjaan,demi keamanan dan juga keselamatan pada lokasi pekerjaan pembuatan jalan.

Membuat Marking dengan cat putih untuk area penghamparan.
Mempersiakan Asphalt Mixing Plant yang terpakai guna untuk memproduksi hotmix. Stock Material agregat hasil Stone Crusher, Aspal bitumen, Aspal cair untuk tack coat, dan beberapa Mesin yang ada di AMP Wajib tersedia. ( Pengertian Asphalt Mixing Plant). Setelah AMP telah tersedia, maka akan masuk pada proses pencampuran Material agregat dan juga masuknya aspal drum ada dalam media ketel. Saat itu material agregat akan masuk pada dalam cold bin sesuai fraksi yang sudah terhitung.

Hotmix Yang Telah Siap langsung masuk Pada Dump Truck

Dump Truck berisi hotmix harus sudah melalui timbangan terlebih dulu pada jembatan timbangan. Berat hotmix dan data -data aspal hotmix tertulis pada selembar kertas atau tiket yang di tanda tangani oleh konsultan pengawas dan kontraktor. kansultan akan meminta salinan tiket tersebut. Nantinya tiket ini akan menjadi bukti perhitungan tagihan pekerjaan AC-BC levelling.

Jasa Pengaspalan Bandung - Hotmix Yang Telah Siap langsung masuk Pada Dump Truck

Aspal hotmix AC-BC diangkut menuju lokasi penghamparan

Wajib memperhatikan suhu ketika proses penghamparan terjaga sesuai berdasarkan spesifikasi. Cek suhu aspal hotmix ketika melakukan penghamparan memakai termometer khusus. Apabila Suhu telah sesuai maka akan mulai proses penghamparan aspal. Ini akan menjadi proses penghamparan dan juga perataan memakai Asphalt finisher. Setelah itu maka Hotmix dari Dump truck kan tertuang untuk proses selanjutnya.

Asphalt Finisher Berlangsung Berdasarkan Marking

Proses perataan hotmix memakai asphalt finisher oleh tenaga harian (leker) untuk meratakan secara manual dan juga mengambil bagian Sisa hotmix yang nantinya akan kembali masuk pada paver. Pengukuran pada ketebalan hamparan hotmix dan juga periksa lagi hitungan kemiringan melintang badan jalan (cross fall). Ini harus sesuai dengan berdasarkan spesifikasi Umum Bina Marga, kemiringan sekitar 3%. Setelah terhamparkan, proses pekerjaan pemadatan dengan menggunakan Tandem Roller dan juga PTR (pneumatic Tire Roller). Metode pelaksanaan AC- BC Levelling sangat membutuhkan Manajemen lalu lintas yang baik sebab pada jalan tersebut akan tetap aktif terlewati kendaraan. Membutuhkan beberapa persiapan wajib seperti rambu-rambu sementara pekerjaan dan juga flag man yang bertugas untuk mengatur lalu lintas dengan baik demi keamanan dan keselamatan pada lokasi.

Pada proses pekerjaan pengaspalan wajib untuk membawa konsultan pengawas dan juga wakil Owner pada lokasi pekerjaan. Alasannya ialah untuk menjadi pihak pengawas proses pengerjaan dari metode dan juga mutu. Selain itu sbagai pihak yang bertanda tangan pada Tiket/ Doket yang terbawa oleh Dump truck.

Itulah informasi mengenai Metode pelaksanaan pekerjaan AC-BC Levelling. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda.