Aspal Untuk Konstruksi Jalan di Bandung

Aspal Konstruksi Jalan

Laju peradaban manusia dalam pembangunan semakin hari terus menemukan berbagai macam penemuan diberbagai bidang.

Jasa Pengaspalan Bandung - Jenis Aspal Sebagai Kebutuhan Konstruksi Jalan​

Jenis Aspal Sebagai Kebutuhan Konstruksi Jalan

Berbagai Jenis Aspal untuk jalan memang berbeda-beda, hal ini terpengaruh juga oleh perkembangan jaman. Hal ini karena penelitian berdasarkan keperluan dan juga kebutuhan manusia akan prasarana jalan beraspal pada waktu-kewaktu. Dari kegiatan tersebut yang terus-menerus akhirnya melahirkan penemuan baru dalam dunia konstruksi pembuatan jalan dan juga aspal untuk kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu mari kita coba simak berikut ini apa saja jenis aspal berdasarkan macam dan juga fungsinya.

Aspal atau apalt bagian dari jenis material yang sering dipilih untuk pengerjaan konstruksi pada proyek-proyek besar, seperti landasan pacu bandara, tempat parkir, pembangunan trotoar, jalan tol, dan jalan raya. Bergantung pada jenis proyek, penggunaan aspal harus dibedakan berdasarkan jenis aspal yang paling sesuai untuk proyek atau pekerjaan tertentu.

Baca Juga: Harga Aspal Per Meter Persegi

Material Wam Mix Asphalt

Bermacam Jenis Aspal Yang Perlu Anda Ketahui

Adapun beberapa jenis aspal untuk konstruksi jalan yang perlu untuk anda ketahui adalah sebagai berikut.

Jasa Pengaspalan Bandung - jenis aspal konstruksi jalan yang perlu anda ketahui

Jenis Aspal untuk Kebutuhan Konstruksi Jalan

Inilah berikut jenis aspal pada kebutuhan konstruksi jalan yang bisa anda lihat beserta penjelasan detailnya.

Material Hot Mix Asphalt (HMA)

Hot Mix Asphalt (HMA) merupakan jenis aspal yang paling sering terpakai pada banyak proyek pembuatan jalan. Untuk pembuatan aspal jenis ini, pengikat harus mendapatkan panaskan hingga suhu tinggi tertentu guna untuk mengurangi viskositas pada aspal jenis ini. Suhu panas terukur tersebut pun nantinya akan menghasilkan agregat yang akan terpakai pada hasil, agar kering lebih sempurna. Hal ini pun bertujuan untuk menghilangkan seluruh kelembaban pada saat sebelum pencampuran. Aspal jenis HMA akan sangat cepat dingin, maka dari itu tidak akan bisa untuk membawanya dalam jarak yang jauh. Pengerjaan dan juga produksi harus cepat jika akan terpakai untuk pengerjaan pembuatan jalan.

Material Wam Mix Asphalt

Wam Mix Asphalt (WMA) ialah salah satu jenis aspal yang sangat terkenal, banyak sekali terpakai pada pengerjaan banyak proyek. Oleh karena itu penggunaan aspal jenis wam mix ini berkisar rata-rata sekitar 45% pada seluruh proyek paving. Tidak seperti aspal hotmix, karena pembuatan aspal jenis WMA tak membutuhkan suhu yang tinggi. Oleh karena itu, pengikat dan juga agregat termasuk lilin tambahan, emulsi aspal serta air membutuhkan suhu antara 200 dan 250 derajat Fahrenheit saja. Hal ini sebab aspal jenis WMA tidak cepat dingin seperti HMA, oleh karena itu aspal jenis WMA ini dapat terbawa untuk jarak lebih jauh dari HMA.

Driveway Mix

Pada jalan setapak (Gang) dan juga tempat parkir paling sering menggunakan aspal jenis driveway mix, campurannya aspal memang terancang untuk mendapatkan hasil yang sesuai kebutuhan. Pada Jenis aspal driveway mix menggunakan campuran aspal dengan bahan agregat yaitu batu kecil, kerikil dan juga pasir. Campuran tersebut nantinya tercampur pada beton bitumen untuk menghasilkan aspal jenis HMA yang optimal. Ini bertujuan agar bagian dasar jalan akan tampak rapi, keuntungan lainnya adalah, pemakaian aspal driveway mix ini relatif ekonomis dan juga tahan untuk waktu yang lama.

I-2 stabilized base

Jenis aspal I-2 stabilized base umumnya terpakai pada lapisan paving yang memerlukan pondasi yang padat dan juga tahan lama pada pemasangan trotoar. Biasanya orang mengenalnya dengan nama lain “basis pendukung”, jenis aspal I-2 stabilized base bisa terpakai pada proyek yang membutuhkan bagian dasar dengan tekstur kaku dan juga fleksibel. Tetapi juga aspal jenis ini sering terpilih pada pekerjaan untuk paving yang bertekstur fleksibel. Pada campuran dasar aspal stabilisasi ini terdiri dari kombinasi agregat dan juga beton bitumen. Agar mendapatkan stabilitas yang baik dan juga benar, maka campuran harus memiliki paling sedikit 95-98% agregat (sebaiknya dalam bentuk 3/4 “batu hancur, kerikil dan RAP) dan hanya 2-5% pengikat aspal. Dengan begitu akan menghasilkan gaya yang sesuai perencaan yang nantinya akan berguna untuk meletakkan beban pada bagian permukaan dan juga tanah.

I-4 MABC

Jenis aspal I-4 MABC Beton bituminous agregat menengah ini memiliki nama lain MABC atau I-4 dan juga memiliki kandungan dari campuran batu dan juga bahan agregat. Ciri khas jalan yang menggunakan aspal jenis ini terlihat pada warna hitamnya yang pekat. Agar dapat memenuhi kebutuhan untuk industri, maka aspal jenis I-4 MABC terbuat supaya bisa menilai keseragaman dalam ukuran dan juga konsistensi serta kualitas yang detail. Jenis aspal I-4 MABC mempunyai kualitas yang sangat lengket dan juga sangat padat. Hal ini akan sangat mendukung terciptanya lantai yang solid secara struktural yang akan tahan apabila menghadapi beban pada lalu lintas dengan angka intensitas yang tinggi untuk waktu yang lama. Belakangan ini aspal dengan jenis I-4 MABC kerap menjadi rekomendasi untuk proyek pengerjaan jalan paving.

1-5 FABC

Bermacam jenis perbaikan dan juga proyek pengerasan pada landasan pacu bandara biasanya menggunakan aspal jenis ini. I-5 FABC merupakan bitumen dengan agregat halus atau I-5 FABC yang menerapkan cara pengaspalan berlapis-lapis bagi banyak proyek paving, termasuk jalan. Dan juga pada pembuatan tempat parkir dan landasan pacu bandara. Pemenuhan standar, memerlukan campuran agregat, pengikat dan juga pengisi khusus. seluruh bahan ini umumnya meliputi agregat halus, dan juga bubuk batu serta pasir maupun aspal. Hasil akhirnya ialah lantai yang awet dan juga tahan lama walapun terkena gaya yang cukup besar dalam waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Jasa Pengaspalan Hotmix Bandung

Pemakaian Aspal Secara Umum

Aspal terpakai biasanya dengan campuran material lain pada banyak bidang teknik. Bermacam contoh terlihat pada bagian berikut:

 

Aspal Untuk Industri Listrik

Aspal dengan berkualitas terbaik untuk industri listrik untuk pencampuran dengan tar, pitch, karet dan juga resin. Tempat baterai merupakan contoh terbaik dari produk yang memakai aspal untuk bahan bakunya.

Pengaspalan Konstruksi Jalan

Aspal dengan kualitas baik memiliki beberapa karakteristik seperti: kuat pada cuaca, Kuat terhadap air, Memiliki sifat mengikat yang kuat dan juga kemampuan untuk memberikan permukaan yang fleksibel. Pada kualitas aspal ini, jenis dan macamnya sering terpakai pada pembangunan jalan raya, untuk ukuran besar dan juga kecil.

Jenis Mix Aspal Untuk Konstruksi Jalan

 

  • Rolled aspal
  • Aspal mastik
  • Batu Asphalt yang Dipadatkan

Beton Aspal

Untuk jenis aspal yang lain mempunyai spesifikasi yang memliki sifat pengikatan yang sangat optimal. Penggunaan aspal biasanya adalah untuk proyek pembangunan jalan tol dan juga paving bandara. Tujuannya adalah untuk keleluasaan dan juga fleksibilitas pada waktu yang sama. Fungsi ini adalah merupakan aspal yang paling biasa terlihat pada pengerjaan konstruksi.

Jasa Pengaspalan Bandung Profesional

​Anda bisa menghubungi jasa aspal bandung kami ini melalui nomer telepon maupun whatsapp yang sudah kami sediakan pada halaman ini. Anda akan bisa memesan layanan aspal jalan bandung ataupun jasa pengaspalan lainnya yang anda butuhkan. Seluruh penyediaan bahan baku dan juga pengerjaan akan menjadi bagian tugas utama dari jasa pengaspalan bandung kami ini. Sehingga bagi anda yang membutuhkan jasa aspal jalan untuk lokasi anda, dengan mudah anda bisa menghubungi kami sekarang.

Baca juga: Kontraktor Jalan Aspal Bandung

​Anda bisa menghubungi jasa aspal bandung kami ini melalui nomer telepon maupun whatsapp yang sudah kami sediakan pada halaman ini. Anda akan bisa memesan layanan aspal jalan bandung ataupun jasa pengaspalan lainnya yang anda butuhkan. Seluruh penyediaan bahan baku dan juga pengerjaan akan menjadi bagian tugas utama dari jasa pengaspalan bandung kami ini. Sehingga bagi anda yang membutuhkan jasa aspal jalan untuk lokasi anda, dengan mudah anda bisa menghubungi kami sekarang.

Baca juga: Kontraktor Jalan Aspal Bandung