Fungsi Gorong Gorong

Fungsi Gorong gorong adalah sebagai sarana untuk drainase lalu lintas aliran air. Sehingga bisa mengontrol lajur air menuju kepada tempat yang seharusnya. Hal ini bertujuan agar wilayah lahan yang terpasang tidak tergenangi atau dengankata lain mengantisipasi bahaya banjir. Tidak hanya itu, dengan menggunakan saluran gorong gorong pun bisa menjadi pengontrol lajur air untuk kebutuhan seperti sawah, kolam dll.

Beton precast untuk gorong gorong biasanya menggunakan beberapa jenis, antara lain adalah buis beton, dan juga box culvert. Kedua material tersebut adalah bahan pendukung untuk fungsi gorong gorong. Hal ini menjadi sangat populer karena dengan menggunakan saluran gorong gorong beton ada banyak keuntungan dan juga manfaat. Keuntungannya antara lain adalah tahan lama, kuat dan juga biaya perawatan yang sangat murah.

Sehingga anda bisa lihat sendiri hingga saat ini gorong gorong beton ada banyak terpakai oleh banyak orang. Tentu saja hal tersebut adalah karena manfaat dan juga fungsi dari material precast concrete ini sendiri. Umumnya gorong-gorong adalah saluran air yang tersimpan pada dalam tanah. Maka dari itu hal ini biasanya tidak terlihat atau tetap memberikan kesan bersih dan juga indah pada lingkungan.

 

Baca Juga: Buis Beton Bandung

 

 

2 Fungsi Gorong Gorong Beton

Berikut ini adalah beberapa fungsi gorong gorong beton yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang pada sebuah lahan atau wilayah.

Saluran Irigasi

Gorong gorong beton bisa menjadi saluran irigasi yang baik. Karena bisa menjadi material yang mendistribusikan debit air menuju pada tujuannya. Hal ini umumnya terpasang untuk mengaliri persawahan, perkebunan dan juga kolam perikanan. Pada beberapa kasus lain saluran irigasi gorong gorong beton juga terpasang untuk mendistribusikan air untuk masyarakat. Dengan membuat saluran irigasi menggunakan saluran beton tentu akan lebih kuat dan juga tanah lama.

Baca Juga: U Ditch Beton Cianjur

 

Drainase

Saluran gorong gorong beton sebagai drainase biasanya terpasang untuk pingiran ruas jalan. Hal ini umumnya diseut juga sebagai selokan bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengontrol volume debit air yang bisa saja menggenang. Dengan adanya saluran drainase yang baik maka ruas jalan bisa terhindar dari bahaya banjir yang bisa menghambat laju kendaraan yang menggunakannya. Biasanya gorong gorong beton untuk drainase menggunakan U Ditch.